Kupas tuntas mesin 2 tak dan 4 tak(pengertian,gambar,siklus kerja,komponen,fungsi dan perbedaan)


Setelah kita mempelajari tentang dasar dasar mesin sepeda motor pada artikel sebelumnya,rasanya kurang puas jika tidak menjelaskan secara detail.salah satu dari pembahasan kemarin yaitu mesin dua tak dan empat tak.

Apa sih pengertian mesin 2tak dan 4tak?

▪2 tak sendiri sering di sebut juga 2 stroke yaitu yang memiliki arti dua langkah.jadi mesin 2 tak adalah setiap 1 kali putaran poros engkol melakukan 2 kali gerak piston untuk menghasilkan tenaga.


▪4 tak juga di sebut 4 stroke yaitu 4 langkah dari mesin 4 tak adalah setiap 2 kali putaran poros engkol melakukan 4 kali gerak piston untuk menghasilkan tenaga.

Ingat,meskipun mesin 2 tak hanya melakukan dua kali gerak piston,tetapi juga menghasilkan 4 langkah kerja seperti mesin 4 tak.Yaitu langkah hisap,langkah kompresi,langkah kerja dan langkah buang

Rasanya kurang mantaps, jika suatu pengertian tanpa adanya gambaran....oke,dibawah ini adalah gambaran dari mesin 2 tak dan 4 tak.


Gambar mesin 2 tak dan mesin 4 tak






Terus,Bagaiaman Siklus kerja mesin 2 tak dan 4 tak?

Siklus kerja mesin 2 tak

Langkah pertama
piston bergerak dari TMB ke TMA
-pada saat piston menuju ke TMA lubang hisap terbuka sehingga campuran bahan bakar,oli dan udara masuk ke balam crankcase.
-Dan pada saat hampir bersamaan,piston menutup lubang bilas sekaligus lubang buang sehingga terjadi kompresi di ruang bakar.
-sebelum beberapa derajat piston berada di TMA busi memercikan bunga api.

Langkah kedua
Piston bergerak dari TMA ke TMB
-percikan busi menyebabkan daya ledak/ langkah kerja.sehingga piston menuju dengan cepat ke TMB.
-sebelum mencapai TMB,lubang buang membuka dan saat hampir bersamaan lubang bilas juga membuka.
-menyebabkan campuran bahan bakar,oli dan udara di ruang crankcase menuju ke bakar melalui ruang bakar melalui lubang bilang sekaligus mendorong sisa pembakaran tadi.

Dan kembali lagi piston dari TMA menuju ke TMB.siklus ini terjadi sangat cepat setiap 1 kali putaran poros engkol 2 kali gerak piston menghasilkan tenaga.

Kesimpulan
1 kali putaran poros engkol =360°
2 kali gerak piston= 2×180°
4 kali langkah kerja=90°
Menghasilkan tenaga


Siklus kerja mesin 4 tak

Langkah pertama (hisap)
piston bergerak dari TMA menuju ke TMB
▪katup in membuka dan katup ex menutup yang menyebabkan piston menghisap campuran bahan bakar dan udara masuk ke dalam silinder.

Langkah kedua(kompresi)
piston bergerak dari TMB menuju TMA
▪katup in menutup dan katup ex juga menutup,menyebabkan bahan bakar dan udara tadi terdorong keatas sehingga terjadi kemampatan udara/kompresi.
▪beberapa derajat sebelum TMA busi memercikkan bunga api sehingga terjadi pembakaran.

Langkah ketiga (kerja)
piston bergerak dari TMA ke TMB
▪katup in dan ex masih tertutup
▪hasil pembakaran tadi menyebabkan piston terdorong ke bawah dengan tekanan yang sangat tinggi.

Langkah ke empat (buang)
piston bergerak dari TMB menuju ke TMA
▪katup in menutup dan katup ex membuka.
▪piston mendorong sisa pembakaran menuju katup ex dan di salurkan melalui knalpot

Dan proses ini terjadi berulang ulang setiap 2 kali putaran poros engkol,4 kali gerak torak,4 kali langkah kerja untuk menghasilkan  tenaga.



Yang di katakan gerak piston yaitu dari TMA ke TMB atau dari TMB ke TMA.apa itu TMA dan TMA?


TMA adalah Titik mati atas

Yaitu piston berada di posisi paling atas pada dinding silinder.sedangkan
                         

TMB adalah Titik mati bawah

Yaitu piston berada di posisi paling bawah pada dinding silinder.


Setelah melihat siklus kerja mesin 2 tak dan 4 tak sekalian kita kupas komponen di kedua mesin tersebut.seperti apa komponen mesin dua tak dan empat tak.


Komponen-komponen mesin 2 tak dan 4 tak serta fungsinya:

komponen mesin 2 tak 
-kepala silinder
Berfungsi sebagai tempat lubang busi dan ruang bakar.

-busi
Berfungsi untuk memercikkan bunga api.
-blok silinder
Berfungsi sebagai rumah piston sekaligus terdapat lubang intake,lubang exhaust dan lubang bilas.

-piston
Berfungsi sebagai media yang menerima tekanan hasil dari pembakaran

-ring piston
Berfungsi untuk mencegah kebocoran gas dan memperbesar kompresi
-stang piston
Berfungsi untuk meneruskan tekanan dari piston ke poros engkol.

-lubang intake
Berfungsi sebagai  tempat masuknya bahan bakar,oli samping dan udara

-lubang exhaust
Berfungsi sebagai jalur pengeluaran sisa pembakaran

-lubang transfer
Berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar yang masuk ke dalam bak mesin menuju ke ruang bakar.

•komponen mesin 4 tak

-kepala silinder
Berfungsi sebagai tempat lubang busi dan ruang bakar.

-camshaft (noken as)
Berfungsi untuk menggerakkan templar sesuai gigi timming.

-bearing
Berfungsi sebagai bantalan noken as

-rocker arm(templar)
Untuk menekan katup membuka maupun menutup sesuai perintah noken as

-pen templar
Berfungsi sebagai bantalan sekaligus untuk mengunci templar.

-katup masuk(klep in)
Berfungsi untuk membuka dan menutup  pada intake manifold

-katup buang(klep ex)
Berfungsi untuk membuka dan menutup pada exhaust manifold

-intake haust
Berfungsi sebagai  lubang masuknya campuran bahan bakar dan udara.dan juga sega dudukan karburator maupun trotel body

-lubang exhaust
Berfungsi sebagai lubang pengeluaran sisa pembakaran dan juga dudukan leher knalpot.

-gigi timing
Berfungsi untuk menggerakkan noken as melalui rantai timing yang menerima putaran dari poros engkol

-rantai timing
Sebagai media penghubung gigi timing dan poros engkol

-busi
Berfungsi untuk memercikkan bunga api.

-ruang bakar
Berfungsi sebagai tempat terjadinya proses pembakaran

-blok silinder
Berfungsi sebagai tempat naik turun piston untuk melakukan proses kerjanya.

-piston
Berfungsi sebagai media yang menerima tekanan hasil dari pembakaran

-ring kompresi
Berfungsi untuk mencegah kebocoran gas dan memperbesar kompresi

-ring oli
Berfungsi untuk melumasi pen piston,dinding piston agar proses naik turun piston lebih mudah.

-stang piston
Berfungsi untuk menerima gaya ledak dari piston yang di salurkan ke poros engkol.

-jalur oli
Sebagai jalur untuk melumasi kepala silinder yang di gerakkan oleh pompa oli.

WOW....,ternyata lumayan juga ya komponen komponen mesin 2 tak dan 4 tak diatas dan akhirnya selesai juga kita ngebahas satu persatu.setelah kita tahu komponenya sekarang waktunya kita cari perbedaan dadi kedua mesin tersebut.

Menurut kalian,apasih perbedan mesin 2 tak dan 4tak?
Langsung aja kita eksekusi..hehe


perbedaan mesin 2 tak dan 4 tak 

▪mesin 2 tak
-Komponennya lebih sedikit
(-tidak menggunakan noken as,templar dan katup)
-1 kali putaran poros engkol 360° sudah menghasilkan tenaga(lebih cepat)
-proses pembakaran di campur dengan oli samping
-blok terdapat lubang bilas
-tidak menggunakan ring oli
-proses pembakaran menggunakan campuran oli/pelumas
-gas buang kurang ramah lingkungan dan sesikit berisik
-bbm lumayan boros

mesin 4 tak

-komponen lumayan banyak
(Noken as,templar,katup in ex seperti komponen di atas)
-1 kali putaran poros engkol 720° baru menghasilkan 2 tenaga
-proses pembakaran hanya campuran bahan bakar dan udara
-terdapat 2 ring kompresi dan 1 ring oli
-hemat bbm dan suara mesin lebih halus (di banding 2 tak)

Yak sudah di finishing,tentang pengertian,gambar,komponen komponen,siklus kerja dan perbedaan dua tak dan empat tak.sebelum mimim tutup,mimin akan memberikan sedikit informasi  tentang mesin 2 tak.mesin sepeda motor 2 tak sekarang sudah tak banyak di jumpai seperti dahulu.karena sesuai peraturan pemerintah yang nggak sesuai standart emisi gas buang dalam arti kurang ramah lingkungan.

Oke terima kasih dan semoga bermanfaat
Salam otomotif




Komentar

Postingan populer dari blog ini

simpel cara membaca multitester dan pengertiaan,fungsi,jenis,bagian-bagian avometer)

pengertian dan cara membaca jangka sorong

MICROMETER(pengertian,fungsi,bagian bagian dan cara membaca micrometer).