pengertian,dasar-dasar,prinsip kerja dan komponen dasar sepeda motor
Teknik dasar sepeda motor,sepeda motor merupakan alat transpotasi yang sangat umum kita jumpai baik di kota besar maupun di desa terpencil.oleh karena itu mari kita bahas tentang pengertian,cara kerja dan komponen sepeda motor.sebelum kita mempelajari lebih lanjut,mari kita pelajari dahulu dasar-dasar sepeda motor.
Bagaimana sih,sepeda motor itu bisa hidup?
Langsung aja to the point,prinsip dasar sepeda motor bisa hidup,karena 3 faktor yaitu bahan bakar,kompresi dan pengapian.
• bahan bakar
Bahan bakar yaitu suatu materi yang bisa menghasilkan tenaga,untuk sepeda motor pada umumnya menggunakan premium,pertalite,pertamax dll
•kompresi
Kompresi yaitu perbandingan antara volume silindeer dengan dengan volume ruang bakar ketika piston mencapai TMA (titik mati atas)
•pengapian
Pengapian yaitu salah satu sistem kelistrikan yang berfungsi untuk memercikan bunga api di dalam ruang bakar.
Selain prinsip dasar yuk kita bahas sekalian komponen dasarnya.Secara teori sepeda motor mencakup 3 komponen dasar sepeda motor,yaitu :
1.mesin (engine)
2.kelistrikan
3.chasis/rangka body
Apa itu mesin,kelistrikan dan chaais?
Yuk langsung saja kita bahas 3 komponen diatas mulai dari pengertian dan contohnya:
1.mesin (engine)
Mesin adalah sistem rangkaian yang memiliki komponen komponen dengan prinsip kerja memanfaatkan energi panas menjadi energi mekanis.Mesin sepeda motor juga terdiri dari mesin motor 2 tak dan mesin motor 4 tak.berikut penjelasanya:
mesin 2 tak
Setiap siklus kerja melakukan 1 kali putaran poros engkol dengan 2 kali gerak torak untuk mengasilkan tenaga.
mesin 4 tak
Setiap siklus kerja melakukan 2 kali putaran poros engkol dengan 4 kali gerak torak untuk mengasilkan tenaga.
Komponen komponen dan beserta bagian bagian mesin yaitu:
silinder head(kepala silinder)
Silinder head terletak di bagian paling atas mesin.komponennya untuk silinder head 4 tak yaitu noken as(camshaft), katup(valve),pegas katup,templar (rocker arm),lubang masuk (intake manifold),lubang buang (exhaust manifold) dan lubang busi (spark plug) dan sirip sirip pendingin.
Sedangkan komponen silinder head untuk mesin 2 tak lebih simple yang hanya lubang busi,sirip sirip pendingin.karena untuk lubang intake dan exhaust terletak di blok silinder.
Blok silinder
Blok silinder terletak si bagian tengah mesin yaitu kerangka utama mesin yang harus tahan suhu tinggi,menghantarkan panas yang baik serta tahan terhadap gesekan.komponen blok silinder yaitu lubang piston,piston,ring piston serta jalur pelumasan dan jalur pendingin.
Crankcase(bak mesin)
Crankcas terletak si bagian bawah mesin yang mengapit crankcase kanan dengan crankcase kiri yang menopanng pada poros engkol (crankshaft)dan rasio (tranmisi) pada bagian tengah nya.komponen komponen crankcase sebagai berikut :
Crankcase tengah meliputi poros engkol (crankshaft),dan gigi rasio (tranmisi).
Crankcase kiri meliputi spull,magnit,rangkain penghantar starter dan ada juga rangkaian penghantar gigi perseneling.
Crancase kanan meliputi komponen kopling dan sistem pelumasan.
2.kelistrikan
Sistem kelistrikan merupakan seluruh komponen yang berkaitan dengan energi listrik pada sepeda motor.jenis jenis kelistrikan sebagai berikut :
sistem pengapian
Sistem pemgapian adalah suatu proses penyalaan percikan bunga api pada busi yang di atur oleh sinyal pengapian.sistem pengapian terdiri dari dua macam yaitusistem pengapian ac dan siatem pengapian DC.
sistem pengapian AC adalah sistem pengapian yang sumber arusnya bolak balik yang dihasilkan oleh spull motor.sedangkan sistem pengapian DC sumber arusnya searah yang di hasilkan oleh baterai maupun output dari kiprok untuk pengisian.
Komponen sistem pengapian
1.spull
2.magnit
3.pulser
3.baterai/accu.
5.platina/cdi (pada sepeda motor jenis karburator)
6.koil pengapian
7.busi
sistem beban
Sistem beban adalah sistem untuk memberikan sinyal keamanan maupun kenyamanan kepada pengguna maupun orang yang menggunakan sepeda motor.sistem beban sangat penting sekali untuk berkendara dan di bawah ini adalah contoh dari sistem beban yaitu sebagai berikut :
1.lampu depan,belakang
2.lampu senja
3.lampu sein kanan dan kiri
4.lampu sinyal spidometer
5.klakson
6.Dinamo starter
Dll
sistem pengisian
Sistem pengisian berfungsi untuk mencharge atau mengisi kembali baterai yang telah di gunakan oleh sistem beban.jadi saling berkaitan satu sama lain.komponen sistem pengisian yaitu :
1.spull dan magnit
2.kiprok
3.baterai/accu
3.chasis/rangka
chasis/rangka merupakan bagian utama pada sepeda motor berfungsi sebagai pondasi,kenyamanan berkendara dan mengarahkan kendaraan pada saat berjalan maupun berbelok.komponen sistem chasis/rangka sebagai berikut :
Rangka
Rangka yaitu pondasi dari rangakaian sepeda motor sebagai penopang semua komponen-komponennya.
sistem suspensi
Sistem suspensi berfungsi sebagai peredam kejut agar getaran tidak diteruskan ke pengendara kendaraan.komponenya yaitu shock breaker depan dan belakang yang diteruskan ke bagian roda.
sistem kemudi
Sistem kemudi berfungsi sebagai pengatur kendaraaan untuk berbelok kekanan maupun kekiri yang di gerakkan oleh stang kemudi di bagian depan pengendara.Komponen sistem pengemudi meliputi stang kemudi, garpu depan,shock depan dan roda.
sistem rem
Sistem rem yaitu alat yang di gunakan untuk mengurangi dan menghentikan laju kendaraan.sistem pengeriman biasanya terdapat 2 jenis sistem rem yaitu rem tromol dan rem cakram.komponen dan pengertian berdasarkan jenis rem yaitu
1.rem tromol
Rem tromol adalah sistem pengeriman yang prinsip kerjanya manual, dengan tuas maupun kabel sebagai penggerak kampas rem.komponen rem tromol yaitu
Handel rem,as penghubung/kabel penghubung,pegas,kampas dan tromol.
2.Rem cakram
Rem cakran adalah sistem pengeriman yang cara kerjanya sudah hidrolis dengan menggunakan minyak rem.prinsip kerja rem cakram yaitu dengan menarik handel rem kemudian master rem memompa minyak turun ke bagian rumah piston rem,sehingga piston menekan kampas rem untuk menjepit piringan.komponen komponen rem cakram yaitu handel/tuas rem,minyak rem,master rem,selang/kaliper,rumah piston rem,baut penyetel,kampas rem dan piringan.
Oke sekian dulu tentang dasar dasar sepeda motor ssmoga beemanfaat.
Salam otomotif
Komentar
Posting Komentar